INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang Interaksi manusia dengan komputer. Interaksi Manusia dengan Komputer memiliki banyak keterkaitan dan saling behubungan erat Karena pada zaman sekarang manusia sangat membutuhkan peran dari komputer. Apa sih yang menyebabkan manusia membutuhkan komputer?



Menurut Adolf Portman, secara biologis manusia dipandang sebagai premature, karena manusia tidak memiliki daya penyesuaian terhadap lingkungan secara alami. Saat manusia baru di lahirkan, tanpa perlindungan dari orang tua maka manusia tidak dapat bertahan hidup. Tapi manusia memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu lingkungan atau kebudayaan yang membuat manusia tersebut menjadi akrab sehingga muncul kebudayaan manusia sebagai hasil abstraksi manusia terhadap lingkungannya. Semakin tinggi tingkat kemampuan interaksi manusia maka semakin tinggi pula tingkat kebudayaan tersebut.





Sehingga lahir komputer untuk membantu manusia dalam memecahkan berbagai masalah yang ada. Komputer memiliki peran yang sangat penting dalam interaksi manusia dengan komputer yaitu pemodelan sistem dan perancangan tatapan muka dengan pengguna.

Secara umum interaksi manusia dengan komputer adalah suatu hubungan atau ikatan timbal balik antara manusia dengan komputer dimana manusia yang di untungkan.

Dalam Bidang Studi, Interaksi manusia dengan komputer sangat berhubungan dengan :

1. Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer

Contoh Perangkat Keras Komputer

Contoh Perangkat Lunak Komputer

Komputer tidak lepas dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Tanpa perangkat keras atau perangkat lunak komputer tidak bisa berinteraksi dengan manusia. Teknik elektronika dan ilmu komputer memiliki peran yang penting dalam perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Dalam Elektronika kita di bekali keahlian dari segi aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. Dalam Ilmu komputer kita di bekali keahlian dari sisi perangkat lunak yaitu kita dapat mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi.

2. Psikologi

Kita dapat memahami bagaimana manusia dapat menggunakan sifat dan kebiasaan supaya hubungan manusia dengan computer dapat berkerjasama dengan baik.

3. Perancangan Grafis dan tipografi

Manusia dapat memanfaaatkan gambar sebagai sarana dialog yang cukup efektif dengan computer.

4. Ergonomik

Manusia dapat berinteraksi dari aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman dengan computer.

5.Antropologi

Manusia mengetahui cara kerja berkelompok dan tiap anggota dapat memberikan kontribusi teknologi pengetahuan dengan bidaang yang di miliki oleh anggota tersebut.

6. Linguistik

Sebagai sarana komunikasi yang mengarahkan manusia ketika berinteraksi dengan computer.

7. Sosiologi

Memiliki kaitan dengan studi pengaruh sistem manusia dan computer dengan struktur social.

Sumber :
http://witanduty.wordpress.com/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://yusriel.wordpress.com/2008/09/18/pertemuan-1-interaksi-manusia-dan-komputer/

0 komentar:

Posting Komentar