KONSEP PEMODELAN GRAFIK DARI SISI JENIS BITMAP DAN VEKTOR

Pembahasan kali ini membahas tentang konsep pemodelan grafik dari sisi jenis nya. Konsep pemodelan grafik secara umum meliputi tentang pembuatan desain objek dan memanipulasi gambar secara di gital baik itu 2dimensi atau 3 dimensi.

Pemodelan adalah membentuk, membuat dan mendesain objek menjadi terlihat seperti hidup. Objek tersebut dapat di tampilkan secara 3 dimensi sehingga disebut sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modeling) (Nalwan, 1998).

Grafik adalah kombinasi atau gabungan dari gambar-gambar yang di jadikan satu kategori untuk memberikan konsep kepada khalayak. Fungsi grafik untuk menyediakan bahan visual yang dapat lebih mudah dimengerti.

Pada konsep pemodelan grafik memiliki jenis-jenis yaitu Bitmap dan Vektor.

Bitmap
Apa itu bitmap ? bitmap adalah suatu gambar grafis yang tersusun dari titik-titik (pixel) yang membentuk baris dan kolom. Bitmap mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu maka semakin rapat pixel akan semakin bagus kualitas gambar tersebut. Tapi jika di zoom in gambar akan terlihat pecah karena pixel tersebut akan merenggang dan membesar sehingga gambar pecah. Semakin banyak bit yang digunakan untuk mempresentasikan satu titik, semakin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan. Besar file yang disimpan biasanya cenderung besar.
Bitmap di kenal dengan 2 istilah :

1. Resolusi adalah ketajaman atau detail atau kerapatan titik-titik file bitmap yang di nyatakan dengan satuan dpi (dot per inch).

2. Intensitas adalah kualitas warna gambar secara keseluruhan yang di kenal dengan istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam-putih (black & white).



Contoh gambar bitmap yaitu BMP,JPEG, PNG, TIFF dan GIF.

Vektor
Vektor merupakan gambar yang disusun secara matematis yang di jabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian lain yang saling berhubungan untuk meminimalisasi penyimpanan data. Kualitas gambar vektor tersebut relatif tetap atau tidak berubah. Gambar vektor sering di gunakan untuk membuat logo, animasi, clipt art dll.



Contoh format vektor adalah .ai, .cdr, .wmf, .swf.

Sumber :
http://tito0809.wordpress.com/2010/10/05/desain-pemodelan-grafik/


http://anaknakal.top-forum.net/t324-pengertian-vector-vs-bitmap

1 komentar: Leave Your Comments

  1. saya ijin mengopi beberapa kalimat dalam artikel anda untuk tugas sekolah saya. Terimakasih sekali, infonya sangat bermanfaat. Sukses!

    BalasHapus